twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me on Twitter :)

Formula Satu Pecah

Perpecahan di F1 terjadi setelah Asosiasi Tim Formula Satu (FOTA) menolak aturan Federasi Automobil Internasioanal soal sejumlah aturan pada musim 2010, terutama soal pembatasan anggaran (budget cap) sebesar 40 juta poundsterling yang ditentang delapan tim itu.

"Tim tidak bisa lagi terus pada nila-nilai dasar olah raga ini dan menolak untuk mengubah pendaftaran bersyarat awal untuk masuk kejuaraan dunia 2010" demikain pernyataan FOTA.

"Oleh karena itu, tim-tim ini tidak punya alternatif lain selainsegera melakukan persiapan untuk membentuk kejuaraan baru yang akan mencerminkan nilai-nilai partisipan dan ke mitraan." lanjut pernyataan itu.

Pernyataan itu dipastikan akan membayangi Grand Prix Inggris di sirkuit Silverstone, akhir pekan ini. FIA menyatakan kecewa dengan perkembangan terakhir tetapi menolak memenuhi keinginan FOTA.

"FIA tak akan mengizinkan balapn finansial di kejuaraan ini atau mengizinkan FOTA mendikte aturan Formula Satu." demikan pernyataan FIA.

Delapan Anggota FOTA (Ferrari, McLaren, Renault, BMW, Suaber, Toyota, Brawn, Red Bull Racing, dan Scuderia Toro) sebelumnya melakukan pendaftaran awak untuk ikut seri 2010 dengan sejumlah syarat, termasuk mengubah aturan budget cap dan perjanjian komersial baru dengan FIA. Upaya kedua belah pihak untuk mencari kompromi gagal.

Para Bos tim F1 menyatakan, bola kini berada di tangan presiden FIA Max Mosley, dengan pimpinan tertinggi F1 Bernie Ecclestone juga berperan sentral untuk menghindari perpecahan di F1. "Mungkin sudah saatnya Max Mosley untuk mundur." Kata mantan juara dunia F1 Jackie Stewart.

Biaya Rendah
FOTA menyatakan, kejuaraan baru itu akan berbiaya rendah dengan pengaturan yang transparan. " Kejuaraan ini akan memiliki pengaturan yang transparan, satu rergulasi, mendorong lebih banyak tim yang ikut ambil bagian, dan mendengarkan keingina penggemar, termasuk menawarkan harga tiket yang rendah bagi para penonton di seluruh dunia, mitra, dan stake holder penting lainnya." Demikian FOTA.

" Para pembalap terkemuka, bintang, merek, sponsor, promotor, dan perusahaan yang secara sejarah berkaitan dengan olahraga bermotor tingkat tinggi akan tampil pada kejuaraan baru ini," tambah pernyataan itu.

Hanya dua tim saat ini yang mendaftarkan tanpa syarat untuk ikut kejuaraan musim depan yaitu Williams dan Foece India. Tiga tim baru juga sudah disepakati FIA, yakni Campos, US F1, dan Mannor.

F1 Telah Selesai
Juara dunia dua kali Fernando Alonso mengatakan, F1 telah "berakhir" karena perpecahan itu. Pembalap tim Renault asal spanyol itu mengatakan, ia akan keluar mengikuti FOTA untuk keluar dari F1 dan membalap di kejuaraan tandingan.

"Tak ada solusi, ini adalah berita buruk, tetapi begitulah yang terjadi. Saya pikir, F1 telah selesai. Ini akan menjadi balapan bermesin standar, tim kecil, dan tak ada pebalap bintang. Bagi saya, itu bukan F1 seperti yang diinginkan orang. Kejuaraan baru sangat menarik dengan tim-tim besar dan pebalap terbaik. Jadi, semua akan sama, kecuali nama. Ini akan menjadi F1 baru," ujar Alonso.

Sementara itu, Sebastian Vettel dari tim Red Bull menjadi yang tercepat pada latihan pembuka GP Inggris. Ia disusul oleh rekan setimnya, Mark Webber. Vettel mencatatkan waktu tercepat 1 menit 19,456 detik.


sumber : Kompas




Bookmark and Share



0 komentar:

Posting Komentar

Sponsor


Internet Speed Test | fix windows vista

Tukeran Link Yuk.....

Copy lalu Paste kode HTML ini di Blog/Web Kamu


Share with Bit.ly Sidebar