twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me on Twitter :)

WiMAX Sebagai Jaringan Transport (Perlengkap Jaringan Existing)

Sebagai jaringan transport, teknologi WiMAX dapat diaplikasikan menjadi pelengkap pada jaringan mobile yang eksisting, atau sebagai pelengkap piri (self backhaul). Gambar dibawah ini menada jaringan WiFi atau bisa juga sebagai transport pada jaringan WiMAX itu sendunjukan WiMAX sebagai backhaul jaringan.



  • WiMAX sebagai transport pada jaringan mobile
Dalam beberapa kasus WiMAX dapat dengan baik dijadikan sebagai jaringan transport hanya pada komponen data dari mobile networks, sementara komponen voice ditransmisikan secara terpisah, skenario ini dilakukan pada jaringan mobile dengan cara mengupgrad infrastruktur eksisting yang membutuhkan transmisi baru untuk meningkatkan kapasitas layanan data.

  • WiMAX sebagai transport pada jaringan WiFi
Pada skenario ini WiMAX digunakan untuk menghubungkan akses point WiFi ke jaringan utama. Sebagai contoh sebuah perangkat WiMAX yang diletakan pada rooftop dapat digunakan untuk memberikan koneksi ke beberapa hotspot WiFi yang terletak didalam bangunan, dengan ini berarti menyediakan instalansi kabel DSL ke akses point. Skenario transmisi dengan WiMAX ini tentunya lebih efektif. Dengan adanya capatity allocation mechanisms pada MAC di dalam teknologi WiMAX dapat mengoptimalkan penggunaan trafik antara akses pointWiFi yg terhubung pada perangkat WiMAX.

  • WiMAX sebagai self backhaul
WiMAX juga dapat digunakan sebagai transmisi pada jaringan akses WiMAX, dengan catatan bahwa spektrum yang tersedia masih memungkinkan. Karena harus di sediakan spektrum yang berbeda antara WiMAX sebagai jaringan Akses dan WiMAX sebagai jaringan transportnya. Jika hal ini tidak dilakukan maka akan memungkinkan terjadinya interference dalam sistem itu sendiri.



Bookmark and Share




0 komentar:

Posting Komentar

Sponsor


Internet Speed Test | fix windows vista

Tukeran Link Yuk.....

Copy lalu Paste kode HTML ini di Blog/Web Kamu


Share with Bit.ly Sidebar